BERITA

20200924. Mendukung Kesiapan Tatanan Baru Di Lingkungan Sekolah Melalui Pengabdian Masyarakat Tahun 2020


2020-12-10

Yogyakarta - Sekolah sebagai tempat berkegiatan yang memungkinkan adanya interaksi banyak orang di satu waktu merupakan salah satu tempat yang penting untuk mempersiapkan tatanan baru (new normal) pasca  pandemik Covid-19. Kebiasaan-kebiasaan bersosialisasi siswa menjadi tantangan tersendiri untuk ditata kembali. Dengan demikian dalam konteks pembiasaan perilaku cuci tangan di sekolah, yang perlu dilakukan adalah memberikan pengalaman berulang kepada siswa untuk cuci tangan dan memberikan lingkungan yang mendukung untuk selalu cuci tangan. Maka solusi yang tepat untuk memberikan pengalaman tersebut adalah dengan mendekatkan akses siswa ke fasilitas cuci tangan, serta sekaligus memberikan petunjuk cuci tangan yang benar.

Solusi tersebut  direalisasikan melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh salah satu dosen Prodi Arsitektur dengan sumber dana internal Universitas Amikom Yogyakarta Tahun 2020 melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat. Lokasi pengabdian masyarakat adalah di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) Suryocondro Yogyakarta.

Fasilitas cuci tangan sebanyak dua unit dipasang pada akses masuk lokasi sekolah. Penempatan fasilitas mempertimbangkan pengurangan kerumunan dan antrian cuci tangan. Fasilitas cuci tangan dapat digunakan dengan nyaman untuk semua pengguna dengan ketinggian yang dapat dijangkau oleh siswa Taman Kanak-kanak.

TK ABA Suryocondro Yogyakarta

Kondisi 0%   Kondisi 100%

Foto kondisi ketika 0% dan setelah 100%