BERITA

Siswa SMAN 3 Surakarta menjadi Juara I di event Sayembara Sketsa Arsitektur Universitas Amikom Yogyakarta


05 May 2017

     Sketsa tidak dapat dilepaskan dari profesi arsitektur sebagai media utama menuangkan ide. Sketsa diajarkan bagi mahasiswa sejak awal dan digunakan sepanjang perkuliahan. Dari kegiatan menangkap pengalaman ruang tiga dimensi tersebut dan berusaha mewujudkannya dalam bentuk dua dimensi merupakan kompetensi yang harus dimiliki seorang arsitek. Hal tersebut itulah yang kemudian menjadi alasan yang kuat untuk Program Studi Arsitektur Universitas Amikom Yogyakarta untuk menyelenggrakan lomba sketsa yang bertajuk “Sayembara Sketsa Arsitektur dengan tema Arsitektur Kota dan Kawasan”.
     Sayembara yang diadakan kali ini melibatkan pelajar tingkat SMA/SMK dan mahasiswa yang berdomosili di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sedianya seyembara sketsa ini telah dilaksanakan pada akhir bulan April lalu, yaitu pada tanggal 30 April 2017 di Program Studi Arsitektur Universitas Amikom Yogyakarta.
     Antusiasme peserta yang mengikuti sayembara sketsa ini bukan hanya pelajar tingkat SMA/SMK dan mahasiswa yang berdomisili di Yogyakarta saja, tetapi juga pelajar tingkat SMA/SMK dan mahasiswa dari daerah lain di Jawa Tengah, bahkan ada juga peserta yang berasal dari Kota Serang, yaitu Muhammad Irfan Aulia Hakim yang berasal dari MAN 2 Serang.

Sketsa Peserta Sayembara Sketsa Arsitektur Univ. Amikom Yogyakarta 2017


Sayembara sketsa ini mengudang juri-juri yang merupakan arsitek muda yang kompeten di bidang arsitektur, bahkan juga sering menjuarai berbagai sayembara desain di tingkat nasional dan juga tingkat internasional. Adapaun juri-juri sayembara sketsa yang dipercaya oleh Arsitektur Univiversitas Amikom Yogyakarta adalah Widi Cahya Yudhanta, ST, M.Sc yang saat ini aktif sebagai dosen di Universitas Teknologi Yogyakarta dan juga menjadi Principal Arsitek di EvSGN designlab, selain itu juga ada Ardhyasa Fabrian Gusma, ST, M.Sc yang saat ini aktif sebagai praktisi di Indonesia Sketcher Jogja dan Principal Arsitek di A+A Studio Architecture.

Sambutan Ketua Panitia Sayembara Fotografi dan Sketsa Arsitektur Univ. Amikom Yogyakarta 2017, Ibu RR. Sophia Ratna Haryati, ST, M.Sc

 

Sambutan Ketua Program Studi Arsitektur Univ. Amikom Yogyakarta, Bapak Amir Fatah Sofyan, ST, M.Kom

 

Sambutan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Univ. Amikom Yogyakarta, Bapak Sudarmawan, ST, M.T

 

Technical Meeting oleh Perwakilan Panitia, Bapak Nurizka Fidali, ST, M.Sc


     Sayembara sketsa ini dilatar belakangi dari di tengah merebaknya seni sketsa di masyarakat. Peserta yang memenangkan sayembara ini termasuk dalam kategori berbakat, karena untuk mengerjakan sketsa bahkan membutuhkan nyali, karena akan ditonton oleh orang banyak pada saat mengerjakannya. Sebab, kecenderungan akhir-akhir ini, para sketcher lebih suka membuat skets di outdoor dibanding studio, on the spot. Alasan itulah yang menjadi ide panitia untuk menyelengarakan sketsa secara on the spot (on location), sehingga akan Nampak jelas terlihat mana-mana saja peserta yang berbakat dalam membuat sketsa.

Proses penjurian Sayembara Sketsa Arsitektur Univ. Amikom Yogyakarta 2017


   Selain diselenggarakan sayembara sketsa, juga diadakan Saresahen Arsitektur yang menjadi rangkaian acara dari sayembara itu sendiri. Sarasehan Arsitektur ini diisi sekaligus oleh juri-juri dari Sayembara Sketsa Arsitektur, yaitu Mas Widi Yudhanta, dan Mas Ardhyasa Gusma. Keduanya membagi pengalaman dan trik-trik kepada peserta sayembara, bagaimana cara membuat sketsa yang menarik dan komunikatif.

Sarasehan Arsitektur oleh Mas Widi Cahya Yudhanta, ST, M.Sc

Sarasehan Arsitektur oleh Mas Ardhyasa Fabrian Gusma, ST, M.Sc

Adapun pemenang dari sayembara sketsa ini dimenangkan oleh :
1. Juara I. Geogria Monica C.A, siswa kelas XI SMAN 3 Surakarta
2. Juara II. Rosyid Maulana Arifuddin, siswa kelas XII SMAN Jatinom Klaten
3. Juara III. Ferlin Krisna Tampubolon, siswa kelas XI SMKN 2 Depok Sleman

Pemberian Hadiah oleh  Wakil Rektor 3, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Achmad Fauzi, SE, M.M, kepada Juara I Sayembara Sketsa Arsitektur Univ. Amikom Yogyakarta 2017

 

Pemberian Hadiah oleh Wakil Rektor 3, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Achmad Fauzi, SE, M.M, kepada Juara II Sayembara Sketsa Arsitektur Univ. Amikom Yogyakarta 2017

 

Pemberian Hadiah oleh Wakil Rektor 3, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Achmad Fauzi, SE, M.M, kepada Juara III Sayembara Sketsa Arsitektur Univ. Amikom Yogyakarta 2017

 

Pemberian Kenang-kenangan Kepada Juri Sayembara Sketsa,
oleh Kepala Program Studi Arsitektur, Bapak Amir Fatah Sofyan, ST, M.Kom

Saat ini Program Studi Arsitektur Universitas Amikom Yogyakarta telah membuka pendaftaran untuk Penerimaan Mahasiswa Baru, yang telah berlangsung sejak tanggal 13 Desember 2016 lalu dan akan berakhir sampai dengan tanggal 26 Agustus 2017. Sehingga untuk rekan – rekan kelas XII yang hendak meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan bercita-cita sebagai arsitek masa depan, dapat memilih Arsitektur di Universitas Amikom Yogyakarta sebagai tujuannya. Karena Program Studi Arsitektur Amikom Yogyakarta menawarkan kekhususan yang sedikit berbeda dengan Program Studi Arsitektur yang telah ada di berbagai kampus lain. Program Studi Arsitektur di Universitas Amikom Yogyakarta memiliki keunggulan yang spesifik di bidang “digital architecture, cinema architecture, dan enterprenuer in architecture”.

Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di pmb.amikom.ac.id