BERITA

Siswa SMKN 2 Surakarta Juara Favorit di event Sayembara Fotografi Arsitektur Universitas Amikom Yogyakarta


05 May 2017

        Fotografi dalam arsitektur merepresentasi perkembangan peradaban dalam mengapresiasi ruang dan yang hidup di dalamnya. Keduanya terjalin dalam tradisi dan masa depan profesi Arsitektur terutama di jaman teknologi global seperti saat ini.
        Fotografi dan arsitektur, merupakan dua hal yang berhubungan erat. Demikianlah fotografi arsitektur mengabadikan subyek-subyek arsitektur dalam kemasan estetika fotografi serta mengindahkan setiap kaidah-kaidah fotografi dalam jepretannya.
        Hal terpenting dalam fotografi arsitektur adalah cahaya. Cahaya bisa menampilkan wujud dan bentuk, yang bermuara pada visualisasi dimensi. Cahaya melahirkan bayangan, yang hendaknya jangan dihilangkan, namun dapat dimanfaatkan dengan cantik. Permainan bayangan niscaya tak kalah ampuh untuk juga menampilkan wujud, bentuk dan dimensi. Tanpa pemahaman baik tentang pencahayaan, fotografi arsitektur hanyalah merupakan suatu bentuk foto dokumentasi yang kebetulan bersubyek karya arsitektur.
        Selain kaidah-kaidah pencahayaan, fotografi arsitektur patut menempatkan komposisi fotografi pada posisi penting. Elemen-elemen titik, garis, bentuk dan wujud dalam karya arsitektur mudah diramu jadi sajian komposisi yang sedap dipandang. Komposisi berhadapan dengan persepsi, dan persepsi berdiri di atas imajinasi. Demikianlah fotografi arsitektur berdiri kokoh di atas pemahaman estetika visual.
        Karya arsitektur mudah dijumpai dan merupakan hal menyenangkan untuk mengabadikannya dalam karya foto. Lagipula, fotografi arsitektur tak hanya bersubyek bangunan, melainkan juga pemukiman, kawasan dan kota. Akan lebih bermakna dan bermanfaat jika fotografi arsitektur memvisualisasikan keberadaan karya arsitektur dalam kehidupan nyata sehari-hari.
        Sayembara fotografi yang bertajuk “Fotografi Arsitektur Kota dan Kawasan” ini mengudang juri-juri yang merupakan arsitek dan fotografer berpengalaman seperti Bapak Ir. Ikaputra, M.Eng, Ph.D yang saat ini aktif sebagai Dosen di Prodi Arsitektur Univ. Gadjah Mada Yogyakarta, sebagai arsitek dan urban desainer, dan juga sebagai pengamat perkotaan. Selain itu juga ada Bapak Rizqi Sukma Kharisma, M. Kom yang dalam kesehariannya aktif menjadi dosen di Univ. Amikom Yogyakarta dan sebagai Pembina Potrait Amikom Photography Club.

 

Proses Penjurian Sayembara Fotografi

 

Dengan Para Juri Sayembara Fotografi Arsitektur Univ. Amikom Yogyakarta 2017,
Bapak Ir. Ikaputra, M. Eng, Ph.D dan Bapak Rizqi Sukma Kharisma, M.Kom

       Peserta sayembara fotografi arsitektur ini adalah pelajar dan mahasiswa se Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pelaksanaan sayembara antara tanggal 28 Maret 2017 s/d 28 Maret 2017 dan di posting melalui media social instagram dengan hastag #arsfotoamikom yang sampe tanggal 28 april 2017 telah terkumpul sebanyak 195 foto. Sedangkan untuk penjurian telah dilaksanakan pada tanggal 29 April 2017.

    

Rangkaian Foto yang terunggah di Instagram dengan #arsfotoamikom

Adapun pemenang dari sayembara fotografi ini dimenangkan oleh :
Juara Favorit Filipus Rio Setya Andono, pelajar SMKN 2 Surakarta
dengan jumlah like sebanyak 15.232 buah
Juara I. Bonfilio Yosafat, mahasiswa ISI Yogyakarta
Juara II. Dhimas Adi Satria, mahasiswa Univ. Amikom Yogyakarta
Juara III. Fernando Hergiera, mahasiswa Mercubuana Yogyakarta

 

Pemberian Hadiah kepada Juara Favorit

Sayembara Fotografi Arsitektur Univ. Amikom 2017

oleh Kepala Program Studi Arsitektur, Bapak Amir Fatah Sofyan, ST, M.Kom

 

Pemberian Hadiah kepada Juara I

Sayembara Fotografi Arsitektur Univ. Amikom 2017

oleh Kepala Program Studi Arsitektur, Bapak Amir Fatah Sofyan, ST, M.Kom

 

Pemberian Hadiah kepada Juara II

Sayembara Fotografi Arsitektur Univ. Amikom 2017

oleh Kepala Program Studi Arsitektur, Bapak Amir Fatah Sofyan, ST, M.Kom

 

Pemberian Hadiah kepada Juara III

Sayembara Fotografi Arsitektur Univ. Amikom 2017

oleh Dosen Prodi Arsitektur, Ibu Septi Kurniawati Nurhadi, ST, MT

Saat ini Program Studi Arsitektur Universitas Amikom Yogyakarta telah membuka pendaftaran untuk Penerimaan Mahasiswa Baru, yang telah berlangsung sejak tanggal 13 Desember 2016 lalu dan akan berakhir sampai dengan tanggal 26 Agustus 2017. Sehingga untuk rekan – rekan kelas XII yang hendak meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan bercita-cita sebagai arsitek masa depan, dapat memilih Arsitektur di Universitas Amikom Yogyakarta sebagai tujuannya. Karena Program Studi Arsitektur Amikom Yogyakarta menawarkan kekhususan yang sedikit berbeda dengan Program Studi Arsitektur yang telah ada di berbagai kampus lain. Program Studi Arsitektur di Universitas Amikom Yogyakarta memiliki keunggulan yang spesifik di bidang “digital architecture, cinema architecture, dan enterprenuer in architecture”.

Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di pmb.amikom.ac.id